UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MATEMATIKA SD DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN BERBANTUAN ALAT PERAGA MELALUI BIMBINGAN BERKELOMPOK
Abstract
This research is motivated by the learning carried out by teachers is less attractive to elementary school students, resulting in student learning outcomes being low. The purpose of this study is to improve teacher teaching skills in designing teaching aids assisted by group guidance. This research is a school action research conducted at the Lubuk Batu Jaya sub-district target schools. The implementation of this study began February 18 to April 27, 2019. The subjects of this study were 4 groups of Mathematics teachers. Data analysis techniques are carried out through steps: data reduction, data presentation, verification. The results of the study showed an increase from cycle I to cycle II with the percentage and each category being 62% (sufficient) and 73% (good). The conclusion that can be drawn is that the teaching skills of elementary school mathematics teachers in designing learning assisted by teaching aids have increased after group guidance was carried out.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahar, & Fitriani. (2017). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Mengoptimalkan Penggunaan Alat Peraga Matematika (Suatu Upaya Membangun dan Mengembangkan Kreativitas). Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MAPAN), 5 (1), 142-152.
Baharuddin. (2016). Penggunaan Alat Peraga dengan Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru di SMPN 2 Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (3), 700-712.
Herlina. (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Model Pembelajaran melalui Workshop di SD Negeri 009 Seberang Teluk Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (5), 812-819.
Huda, M, N. Marhadi, A. & Noviana, E. (2018). Competence of Pedagogic Students of Primary School Teacher Education Program. Jurnal Online Mahasiswa: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5 (1), 1-12.
Hutauruk, P. & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal), 8 (2), 121-129.
Jurianti. (2018). Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru pada Mata Pelajaran IPS melalui Supervisi Akademik SD Negeri 038 Pulau Kijang. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (6), 928-935.
Kamsi. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Akademik. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (3), 670-677.
Muslich, M. (2007). KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan bagi Guru. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta, 165-166.
Prasojo, L, D. & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 107.
Prihatiningtyas, S. Putra, I, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sederhana Berbasis Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat pada Materi Fluida Statis. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 5 (2), 102-107.
Rahayu, S. (2018). Penggunaan Alat Peraga dengan Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru di SD Negeri 010 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (6), 1016-1022.
Rifdan. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media TIK melalui Kegiatan Workshop di SMPN 2 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (5), 827-835.
Saleh, H, I. dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Sainsmat, 4 (1), 7-13.
Samudi. (2018). Penerapan Supervisi Akademik Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 1 (1), 144-152.
Siswanto (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Alat Peraga Organ Tubuh Manusia (Torso) pada Siswa Kelas V SDN Manggisan 01 Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 4 (1) 129-140.
Siswoyo, B. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Matematika SMPN 4 Tanjung Morawa melalui Pembimbingan Pembuatan Alat Peraga pada Forum MGMP. Jurnal Handayani, 6 (2), 67-74.
Sriyanti. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Diskusi Kelompok Berbantuan Alat Peraga. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10 (1), 63-73.
Suriati. (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru SDN 007 Kambung Baru Kecamatan Cerenti dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (2), 274.
Warsinah. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 021 Muara Langsat Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Alat Peraga. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (2), 439-446.
Wicaksono, H, T. dkk. (2013). Pengembangan Alat Peraga Resonator sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XII SMA. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3 (2), 142-144.
Widiatmoko, A. & Pemalasari, S, D. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1), 51-56.
Zakiah. (2018). Implementasi Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Guru dalam Mengajar di SD Negeri 008 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (3), 492-496.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.