Panduan Penulisan

  1. Fokus dan ruang lingkup harus sesuai dengan penelitian pendidikan, penelitian pembelajaran, dan penelitian tindakan kelas yang setara dengan hasil kajian penelitian.
  2. Artikel ditulis dalam bentuk satu kolom, untuk memudahkan tahap reviewer dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, dengan menggunakan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi 1,5. Size paper yang digunakan A4 dengan margin 3 cm (atas), 3 cm (kiri), 3 cm (kanan), dan 3 cm (bawah).  Jumlah halaman minimal 5 sampai 10 halaman dengan jumlah kata 3000-5000 kata termasuk daftar pustaka.
  3. Sistematika atau isi dalam artikel sebagai berikut: Pendahuluan, kajian teoretis, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan dan rekomendasi, dan daftar pustaka.
  4. Penulisan judul dengan ukuran 12 pts dan dihitamkan, nama penulis tidal diberikan gelar ditulis dibawah judul dan menuliskan alamat email dengan ukuran 10 pts.
  5. Sumber rujukan 10 tahun terakhir, diutamakan dari artikel-artikel penelitian. Selain itu, penulis diharapkan melakukan citasi 3 artikel pada Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) atau pada Jurnal Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan melakukan citasi 3 artikel pada Jurnal Internasional (diutamakan yang sudah bereputasi).
  6. Abstrak harus mencerminkan keseluruhan substansi isi artikel dan mampu membantu pembaca untuk  menentukan relevansinya dengan minat serta memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan. Abstrak berisi pernyataan tentang latar belakang masalah, fokus masalah, langkah atau tahapan penting penelitian, serta temuan dan simpulan utama. Abstrak ditulis dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia), dalam 1 paragraf, jarak 1 spasi, dan dengan jumlah antara 150–200 kata, dengan kata kunci 3 sampai 5 kata.
  7. Pendahuluan harus memuat tentang latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian dan penelitian relevan. Pada bagian pendahuluan disarankan untuk tidak menyajikan data dalam bentuk tabel, untuk penyajian data disarankan berbentuk deskripsi.
  8. Kajian Teoretis memuat tentang teori-teori atau referensi yang digunakan sebagai rujukan penelitian, pada kajian teoretis ini diutamakan memuat tentang teori atau referensi yang bersumber pada artikel ilmiah.
  9. Metode Penelitian ini memuat tentang metode penelitian yang digunakan, termasuk tempat, waktu penelitian dan bagaimana prosedur pelaksanaannya.
  10. Hasil dan Pembahasan memuat tentang hasil penelitian dan pembahasan tentang temuan penelitian. Pada bagian pembahasan disarankan untuk tidak lagi menambahkan data dalam bentuk tabel, gambar dan/atau grafik, disarankan pada bagian pembahasan memuat tentang (pemaknaan dari hasil penelitain, hubungan dengan teori yang relevan, dan perbedaan penelitian yang dilakukan dengan penelitain yang relevan).
  11. Simpulan dan Rekomendasi pada bagian hendaknya memuat tentang konsep dan temuan baru hasil dari penelitian.
  12. Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet dengan menggunakan APA stile. Semua yang dirujuk dalam artikel harus tertulis dalam daftar pustaka dan semua yang tertulis dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam artikel. Contoh Penulisan Daftar Pustaka sebagai berikut.
  • (Jenis: Buku Author Sama dengan Penerbit)
    • Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara
  • (Jenis: E-book)
    • Kurniaman, O., Charlina, C., & Noviana, E. (2018). Implementation DRTA Strategy for Elementary School.   from https://www.amazon.com/Implementation-DRTA-Strategy-Elementary-School/dp/6139900441.
  • (Jenis Buku yang Diterjemahkan)
    • McKnight, K. S. (2012b). The Elementary Teacher’s Big Book of Graphic Organizers (Kurniaman, O., & Huda, M., N). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2012)
  • (Jenis Artikel Jurnal Daring/Online)
    • Kurniaman, O., Noviana, E., Charlina., Simulyasih, N., Handayani, N. D., Sofyan, N. S.,  Zufriady., & Septyanti, E. (2018). Why Should Primary Teachers Develop Learning Material by Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy?: 4-D Model. Advanced Science Letters. 24 (11). ,8389–8391. DOI: https://doi.org/10.1166/asl.2018.12570.
  • (Jenis Prosiding)
    • Kurniaman, O., Zufriady., Noviana, E., & Afendi, N. (2018, 13 Oktober). Development of Teaching Materials for Reading Comprehension Skills Using the Graphic Organizer Media. Paper presented at the Proceeding of the 2nd URICES, 2018, Pekanbaru, Indonesia. Universitas Riau, Indonesia. Retrieved From https://ejournal.unri.ac.id/index.php/ICES/article/view/6487.