PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA KELAS III SD NEGERI 003 PULAU PERMAI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

netriza netriza

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan shalat siswa kelas III SD Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan wudhu siswa kelas III SD Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian  tindakan kelas ini berhasil dengan baik maka setiap siklus meliputi perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan shalat siswa kelas III SD Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar setelah mengikuti pembelajaran melalui metode demonstrasi mengalami penigkatan, Pada siklus I pertemuan I siswa yang tuntas dalam menghafal bacaan shalat sebanyak 20%. Pada siklus I pertemuan II siswa yang tuntas dalam menghafal bacaan shalat meningkat menjadi 70%.  Pada siklus II pertemuan I siswa yang tuntas dalam mempraktikkan gerakan shalat sebanyak 75%. Pada siklus II pertemuan II siswa yang tuntas dalam mempraktikkan gerakan shalat meningkat menjadi 100%.


Keywords


metode demontrasi,kemampuan shalat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) diterbitkan oleh  Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau
dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Website:  http://ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR 
Email: pajar@unri.ac.id | jurnalpajar@gmail.com