Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Fokus dan ruang lingkup harus sesuai dengan penelitian pendidikan, penelitian pembelajaran, dan penelitian tindakan kelas yang setara dengan hasil kajian penelitian.
  2. Artikel ditulis dalam bentuk satu kolom, untuk memudahkan tahap reviewer dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, dengan menggunakan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi 1,5. Size paper yang digunakan A4 dengan margin 3 cm (atas), 3 cm (kiri), 3 cm (kanan), dan 3 cm (bawah).  Jumlah halaman minimal 5 sampai 10 halaman dengan jumlah kata 3000-5000 kata termasuk daftar pustaka.
  3. Sistematika atau isi dalam artikel sebagai berikut: Pendahuluan, kajian teoretis, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan dan rekomendasi, dan daftar pustaka.
  4. Penulisan judul dengan ukuran 12 pts dan dihitamkan, nama penulis tidal diberikan gelar ditulis dibawah judul dan menuliskan alamat email dengan ukuran 10 pts.
  5. Sumber rujukan 10 tahun terakhir, diutamakan dari artikel-artikel penelitian. Selain itu, penulis diharapkan melakukan citasi 3 artikel pada Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) atau pada Jurnal Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan melakukan citasi 3 artikel pada Jurnal Internasional (diutamakan yang sudah bereputasi).
  6. Abstrak harus mencerminkan keseluruhan substansi isi artikel dan mampu membantu pembaca untuk  menentukan relevansinya dengan minat serta memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan. Abstrak berisi pernyataan tentang latar belakang masalah, fokus masalah, langkah atau tahapan penting penelitian, serta temuan dan simpulan utama. Abstrak ditulis dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia), dalam 1 paragraf, jarak 1 spasi, dan dengan jumlah antara 150–200 kata, dengan kata kunci 3 sampai 5 kata.
  7. Pendahuluan harus memuat tentang latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian dan penelitian relevan. Pada bagian pendahuluan disarankan untuk tidak menyajikan data dalam bentuk tabel, untuk penyajian data disarankan berbentuk deskripsi.
  8. Kajian Teoretis memuat tentang teori-teori atau referensi yang digunakan sebagai rujukan penelitian, pada kajian teoretis ini diutamakan memuat tentang teori atau referensi yang bersumber pada artikel ilmiah.
  9. Metode Penelitian ini memuat tentang metode penelitian yang digunakan, termasuk tempat, waktu penelitian dan bagaimana prosedur pelaksanaannya.
  10. Hasil dan Pembahasan memuat tentang hasil penelitian dan pembahasan tentang temuan penelitian. Pada bagian pembahasan disarankan untuk tidak lagi menambahkan data dalam bentuk tabel, gambar dan/atau grafik, disarankan pada bagian pembahasan memuat tentang (pemaknaan dari hasil penelitain, hubungan dengan teori yang relevan, dan perbedaan penelitian yang dilakukan dengan penelitain yang relevan).
  11. Simpulan dan Rekomendasi pada bagian hendaknya memuat tentang konsep dan temuan baru hasil dari penelitian.
  12. Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet dengan menggunakan APA stile. Semua yang dirujuk dalam artikel harus tertulis dalam daftar pustaka dan semua yang tertulis dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam artikel. Contoh Penulisan Daftar Pustaka sebagai berikut.

 

(Jenis: Buku Author Sama dengan Penerbit)

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara

 

(Jenis: E-book)

Kurniaman, O., Charlina, C., & Noviana, E. (2018). Implementation DRTA Strategy for Elementary School.   from https://www.amazon.com/Implementation-DRTA-Strategy-Elementary-School/dp/6139900441.

 

(Jenis Buku yang Diterjemahkan)

McKnight, K. S. (2012b). The Elementary Teacher’s Big Book of Graphic Organizers (Kurniaman, O., & Huda, M., N). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2012)

 

(Jenis Artikel Jurnal Daring/Online)

Kurniaman, O., Noviana, E., Charlina., Simulyasih, N., Handayani, N. D., Sofyan, N. S.,  Zufriady., & Septyanti, E. (2018). Why Should Primary Teachers Develop Learning Material by Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy?: 4-D Model. Advanced Science Letters. 24 (11). ,8389–8391. DOI: https://doi.org/10.1166/asl.2018.12570.

 

(Jenis Prosiding)

Kurniaman, O., Zufriady., Noviana, E., & Afendi, N. (2018, 13 Oktober). Development of Teaching Materials for Reading Comprehension Skills Using the Graphic Organizer Media. Paper presented at the Proceeding of the 2nd URICES, 2018, Pekanbaru, Indonesia. Universitas Riau, Indonesia. Retrieved From https://ejournal.unri.ac.id/index.php/ICES/article/view/6487.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis menyetujui persyaratan berikut:

Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak kepada Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi pada jurnal ini.

Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi pada jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting naskah yang telah diterbitkan secara online (misalnya dalam repositori institusional atau di situs website) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang lebih produktif dari karya yang diterbitkan.

Copyright©Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukan dan diterbitkan pada Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal dan bukan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

Naskah yang diterbitkan dalam Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) terbukti secara ilmiah, yang mengikuti kode etik dan menjunjung tinggi dalam publikasi ilmiah, yaitu, (a) netralitas (bebas dari konflik kepentingan dalam manajemen publik); (b) keadilan (memberikan hak kepengarangan kepada penerima sebagai penulis); dan (c) kejujuran (bebas dari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme dalam publikasi.