Focus and Scope
Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) memiliki tujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui artikel ilmiah hasil penelitian dan telaah konsep atau teori dalam upaya memperkaya khasanah keilmuan di bidang pendidikan dan pengajaran.
Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) adalah jurnal yang meliputi permasalahan tentang seputar pendidikan dan pengajaran pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Artikel ini diangkat dari hasil penelitian dan kajian teori yang setara dengan penelitian yang didukung oleh berbagai kajian teoretis yang menghasilkan penelitian berupa: penelitian pendidikan, penelitian pembelajaran, dan penelitian tindakan kelas. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) telah memiliki ISSN Cetak: 2580-8435, dan ISSN Online: 2614-1337. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) terbit enam kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, dan November.
Section Policies
Articles
Open Submissions | Indexed | Peer Reviewed |
Peer Review Process
Naskah yang dikirim kepada dewan redaksi harus bebas dari plagiatisme sebagai etika keilmuan peneliti, apabila ditemukan artikel yang plagiatisme lebih dari 25% maka dewan redaksi berhak untuk menolak dan mengembalikan artikel kepada penulis, perlu diperhatikan juga dalam penulisan harus disesuaikan dengan fokus dan ruang lingkup naskah karena apabila ada naskah yang keluar dari fokus dan ruang lingkup maka dewan redaksi juga berhak untuk menolak.
Penerbit jurnal tidak bertanggung jawab isi dalam artikel yang sudah dipublikasikan, dan artikel yang dikirim tidak boleh dikirim kembali kepada jurnal yang lain atau jurnal ini dijadikan sebagai pertimbangan lainnya.
Naskah yang dikirim akan dievaluasi oleh reviewer dengan metode blind peer review untuk kontribusi, orisinalitas, relevansi, dan penyajian. Editor akan memberikan informasi mengenai hasil review dalam waktu secepatnya, yaitu antara 1 sampai dengan 3 minggu. Mohon untuk diperhatikan bahwa proses review naskah yang dikirimkan ke Jurnal Pajar (Pendidikan Pengajaran) dimungkinkan akan direview kurang lebih sampai 4 minggu.
Reviewer mengulas naskah dari aspek kualitas dan substansi tulisan (bukan dari penggunaan tata bahasa), yang meliputi keterbaharuan, keaslian, kegunaan dan validitas kutipan dan bibliografi.
Reviewer melakukan proses review dengan metode blind peer review (penulis ditulis dalam bentuk anonim) dari editor atau sekretariat editorial. Jika tidak sesuai dengan kompetensi dan bidang keilmuan, reveiwer berhak menolak naskah dan merekomendasikannya kepada orang lain yang lebih sesuai.
Keputusan dewan redaksi adalah mutlak setiap artikel yang masuk akan mendapatkan e-mail balasan dengan keputusan diterima, diterima dengan perbaikan, dan ditolak. Masa revisi naskah selama satu minggu dan harus mengirim kembali kepada dewan redaksi melalui OJS (Open Jounal System) dan apabila naskah yang direvisi lewat pada batas yang sudah ditentukan dianggap mengundurkan diri maka dewan redaksi akan menolak naskah.
Publication Frequency
Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) telah memiliki ISSN Cetak: 2580-8435, dan ISSN Online: 2614-1337. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) terbit enam kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, dan November.
Open Access Policy
Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) adalah jurnal yang direview melalui metode blind peer reviewed dengan akses terbuka. Pemrosesan naskah atau pengiriman naskah yang diserahkan kepada manajer atau editor melalui sistem online dengan aplikasi ojs open access.
Proses penerbitan naskah ditinjau oleh editorial. Naskah yang tersedia di dalam laman website Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) secara elektronik dan bebas untuk digunakan. Penulis juga dapat menggunakan naskah yang telah diterbitkan dalam format pdf baik digunakan untuk non-komersial pada situs (website) pribadi atau institusi. Pengguna memiliki hak untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan secara lengkap pada naskah di Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran).