PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SD NEGERI 37 MANDAU
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar IPA siswa di SD Negeri 37 Mandau. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 37 Mandau yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dilihat dari data awal siswa yang tuntas hanya 14 orang siswa dengan persentase sebesar 46.6%. sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 16 orang siswa dengan persentase sebesar 53.4%. Siswa yang tuntas pada siklus I berjumlah 22 orang denggan persentase sebesar 73.3% sedangkan siswa yang tidak tuntas mengalami pengurangan menjadi 8 orang dengan persentase sebesar 26.7%. Pada siklus II, siswa yang tuntas menjadi 26 orang dengan persentase sebesar 86.6% sedangkan jumlah siswa yang tidak tntas kembali menurun menjadi 13.4%. Berdasarkan data yang diperoleh di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SD Negeri 37 Pekanbaru.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIA)References
Alfani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas VI B SD Negeri 002 Kiyap Jaya Kecamatan Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan. Primary: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(8), 554-562.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Hasniwati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Pictue And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II A SD Negeri 004 Cendirejo Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(1), 189-197.
Hazniwati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178-184.
Juwariyah. (2018). Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 016 Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(5), 725-730.
Libarti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 005 Sikakak Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(5), 696-703.
Marhadi, H., Syahrilfuddin., & Liyaumi. (2016). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Retensi Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN 130 Pekanbaru. Primary: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 10-18.
Mukmin. (2018). Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 149-158.
Mulyasa. ( 2010 ). Praktek Penelitian Tindakan Keles. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Puryadi. (2016). Penerapan Strategi Inkuiri Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 009 Air Emas. Primary: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 229-239
Purwanto. (2018). Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 015 Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(5), 719-724.
Suprijono Agus ( 2009 ). Kooperatif Learning Tiori Pailkem Applikasi Paikem. Yogyakarta:
Wiyati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 88-95.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7752
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.