MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN PENDEKATAN STAD SISWA KELAS III SD NEGERI 005 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas III SD Negeri 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan pendekatan STAD dalam pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas III SD Negeri 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 20 orang, yaitu 13 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan empat kali pertemuan. Setiap siklus menggunakan prosedur pelaksanaan penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan penilaian dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa aktivitas belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa siklus I dengan kategori sangat baik 31,25% meningkat menjadi 68,75% pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada siklus I juga mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas 77,32 dan persentase siswa yang tuntas 60%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas 85,78 dan persentase siswa yang tuntas 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas III SD Negeri 005 koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.