Pengaruh Iklan Dengan Epic Model Pada Media Televisi Terhadap Sikap Penonton (Studi Kasus Pada Iklan Minuman Isotonik Fatigon Hydro Versi “Macet” Di Kota Pekanbaru)

Deny Danar Rahayu

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini untukmenganalisa dan menguji efektifitas iklan, mengetahui variabel yang paling efektif sertauntuk mengetahui pengaruh iklan televisi minuman isotonik Fatigon Hydro versi“Macet” pada sikap penonton di kota Pekanbaru secara simultan dan parsial.Populasi pada penelitian ini adalah penduduk kota Pekanbaru yang berumur20-34 tahun. Sampel diambil berdasarkan metode purposive sampling dan conveniencesampling sebanyak 100 orang sampel. Metode yang digunakan dalam analisa datayaitu analisis analisis deskriptif (tabulasi sederhana) dan uji simultan dan parsial(analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Windows versi 17).Berdasarkan hasil pengujian efektifitas iklan, diperoleh hasil bahwa iklanproduk Fatigon Hydro versi “Macet” efektif diukur dengan EPIC Model di KotaPekanbaru.Pada pengukuran EPIC Model, didapat variabel emphaty, impact dancommunication tergolong pada rentang skala efektif. Sedangkan, variabel persuasiontergolong pada rentang skala cukup efektif. Dari hasil pengujian regresi linearberganda, uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas memilikipengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Uji parsial (Uji t) menunjukkanseluruh variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel sikappenonton dan variabel emphaty mempunyai pengaruh yang paling besar dibandingkanvariabel lainnya. Besarnya pengaruh yang ditimbulkan (R2) oleh variabel emphaty,persuasion, impact dan communication terhadap variabel sikap penonton sebesar64,8% sedangkan sisanya sebesar 35,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yangtidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.