EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS TENTANG ALAM DAN LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL HUDA KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning
terhadap kemampuan sains alam dan lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul
Huda Kecamatan Bukit Raya Kota pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 16 orang anak, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi. Teknis analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS
24.00. hipotesis pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dalam pemberian metode
pembelajaran outdoor learning terhadap kemampuan sains alam dan lingkungan pada anak
usia 5-6 tahun di TK Nurul Huda Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Berdasarkan data
analisis didapat bahwa thitung=40,334 > ttabel=2,132 dengan Sig. (2-tailed)=0,000. Dikarenakan
Sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan sains akan
alam dan lingkungan sebelum dan sesudah perlakuan. Dapat diartikan bahwa terdapat
pengaruh pemberian perlakuan dengan metode outdoor learning terhadap kemampuan sains
alam dan lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Huda Kecamatan Bukit Raya
Kota Pekanbaru adalah sebesar 54,57%.
skills about nature and environment of children aged 5-6 years in TK Nurul Huda Bukit Raya
District Pekanbaru City. The method of this research used experimental method with using one
group pretest-posttest design. The samples used in this study were 16 students, and than, a
data collection technique used in observation. Technique of data analysis used t-test by using
program of SPSS 24.00. The research hypothesis was to find a influence of outdoor learning
method towards a science skills about nature and environment of children aged 5-6 years in TK
Nurul Huda Bukit Raya District Pekanbaru City. Based on data we was known about tcalculated =
40,334 > ttable = 2,132 with sig. (2-tailed)=0,000. Because sig < 0,05 it can be concluded, there
is difference of science skills about nature and environment that was be done before and after
outdoor learning method treatment. If can be interpreted, there is influence of outdoor learning
method activity towards science skills about nature and environment of children aged 5-6 years
in TK Nurul Huda Bukit Raya District Pekanbaru City significant that is equal to 54,57%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia Vera. 2012. Media Mengajar Anak Di Luar
Kelas. Diva Press. Yogyakarta.
Della Gustiana. 2016. P e n e r a p a n
Pembelajaran Outdoor pada Anak Usia 5-6
Tahun Kelompok B2 di TK Immanuel II. http:/
/jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/
view/18869. (Akses tanggal 17 Maret 2019).
Erwin Widiasworo. 2017. Strategi dan Metode
Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor
Learning) secara aktif, kreatif, inspiratif dan
komunikatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas,
Outdoor Learning. Prestasi Pustaka Raya.
Jakarta.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Kumpulan
Pedoman Pembelajaran TK. Kementrian
Pendidikan Nasional. Jakarta.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2014. Kumpulan
Pedoman Pembelajaran TK; Berdasarkan
Undang-Undang 137 Tahun 2014. Kementrian
Pendidikan Nasional. Jakarta. Kementrian
Pendidikan Nasional. Jakarta.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman
Pengetahuan Sains Bagi Guru Paud.
Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta.
Mitri Irianti. 2006. Dasar – Dasar Pendidikan MIPA.
Cendikia Insani. Pekanbaru.
Mursid. 2010. Manajemen Lembaga Pendidikan
Anak Usia Dini. Akfi Media. Semarang.
Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran
PAUD. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Penerbit
Alfabeta. Bandung.
Saifudin Azwar. 2012. Skala Penyusunan
Psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Siti Atava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif
Berbasis Sains. DIVA Press. Jakarta.
Siti F & Zuhdan. 2014. Pembelajaran Sains.
Penerbit Ombak. Yogyakarta.
Siti Khabibatur Rohmah. 2016. Pengaruh Model
Outdoor Learning terhadap KemampuanSains Anak Kelompok B di TK Dharma
Wanita II. http://onesearch.id/Record/
IOS2311.article16607?widget=1&repository_id=164.
(Diakses tanggal 18 April 2019)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Pengantar Statistik
Pendidikan. Grafindo. Bandung.
Yaumi Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis
Multiple Intelligence. PT Dian Rakyat.
Jakarta.
Yeni Hendriani. 2016. Memanfaatkan Lingkungan
Sebagai Sumber Belajar. Pusat
Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik
dan Tenaga Kependidikan IPA. Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.