EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS TENTANG ALAM DAN LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL HUDA KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

Reni Astuti, Zulkifli N, febrialismanto febrialismanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning
terhadap kemampuan sains alam dan lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul
Huda Kecamatan Bukit Raya Kota pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 16 orang anak, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi. Teknis analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS
24.00. hipotesis pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dalam pemberian metode
pembelajaran outdoor learning terhadap kemampuan sains alam dan lingkungan pada anak
usia 5-6 tahun di TK Nurul Huda Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Berdasarkan data
analisis didapat bahwa thitung=40,334 > ttabel=2,132 dengan Sig. (2-tailed)=0,000. Dikarenakan
Sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan sains akan
alam dan lingkungan sebelum dan sesudah perlakuan. Dapat diartikan bahwa terdapat
pengaruh pemberian perlakuan dengan metode outdoor learning terhadap kemampuan sains
alam dan lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Huda Kecamatan Bukit Raya
Kota Pekanbaru adalah sebesar 54,57%.

 

skills about nature and environment of children aged 5-6 years in TK Nurul Huda Bukit Raya
District Pekanbaru City. The method of this research used experimental method with using one
group pretest-posttest design. The samples used in this study were 16 students, and than, a
data collection technique used in observation. Technique of data analysis used t-test by using
program of SPSS 24.00. The research hypothesis was to find a influence of outdoor learning
method towards a science skills about nature and environment of children aged 5-6 years in TK
Nurul Huda Bukit Raya District Pekanbaru City. Based on data we was known about tcalculated =
40,334 > ttable = 2,132 with sig. (2-tailed)=0,000. Because sig < 0,05 it can be concluded, there
is difference of science skills about nature and environment that was be done before and after
outdoor learning method treatment. If can be interpreted, there is influence of outdoor learning
method activity towards science skills about nature and environment of children aged 5-6 years
in TK Nurul Huda Bukit Raya District Pekanbaru City significant that is equal to 54,57%.


Keywords


Kemampuan sains, Outdoor learning

Full Text:

PDF

References


Adelia Vera. 2012. Media Mengajar Anak Di Luar

Kelas. Diva Press. Yogyakarta.

Della Gustiana. 2016. P e n e r a p a n

Pembelajaran Outdoor pada Anak Usia 5-6

Tahun Kelompok B2 di TK Immanuel II. http:/

/jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/

view/18869. (Akses tanggal 17 Maret 2019).

Erwin Widiasworo. 2017. Strategi dan Metode

Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor

Learning) secara aktif, kreatif, inspiratif dan

komunikatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas,

Outdoor Learning. Prestasi Pustaka Raya.

Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Kumpulan

Pedoman Pembelajaran TK. Kementrian

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2014. Kumpulan

Pedoman Pembelajaran TK; Berdasarkan

Undang-Undang 137 Tahun 2014. Kementrian

Pendidikan Nasional. Jakarta. Kementrian

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman

Pengetahuan Sains Bagi Guru Paud.

Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta.

Mitri Irianti. 2006. Dasar – Dasar Pendidikan MIPA.

Cendikia Insani. Pekanbaru.

Mursid. 2010. Manajemen Lembaga Pendidikan

Anak Usia Dini. Akfi Media. Semarang.

Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran

PAUD. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Penerbit

Alfabeta. Bandung.

Saifudin Azwar. 2012. Skala Penyusunan

Psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Siti Atava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif

Berbasis Sains. DIVA Press. Jakarta.

Siti F & Zuhdan. 2014. Pembelajaran Sains.

Penerbit Ombak. Yogyakarta.

Siti Khabibatur Rohmah. 2016. Pengaruh Model

Outdoor Learning terhadap KemampuanSains Anak Kelompok B di TK Dharma

Wanita II. http://onesearch.id/Record/

IOS2311.article16607?widget=1&repository_id=164.

(Diakses tanggal 18 April 2019)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Pengantar Statistik

Pendidikan. Grafindo. Bandung.

Yaumi Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis

Multiple Intelligence. PT Dian Rakyat.

Jakarta.

Yeni Hendriani. 2016. Memanfaatkan Lingkungan

Sebagai Sumber Belajar. Pusat

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik

dan Tenaga Kependidikan IPA. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.