PENGARUH PEMBERIAN KOMENTAR PADA ULANGAN HARIAN SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komentar pada ulangan harian siswa dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada SMA Negeri 9 Pekanbaru. Populasi penelitian adalah
siswa kelas 12 IPS SMA Negeri 9 Pekanbaru dan sampelnya diambil oleh secara acak berjumlah
32 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik eksperimen dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan perbandingan skor test hasil belajar siswa antara kelompok eksperiment dan
kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika,
kelompok ekperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika pada kelompok kontrol.
Kontribusi pemberian komentar pada ulangan harian siswa sangat kecil dengan koefisiesn
diterminan sebesar 7.89 persen.
meningkatkan hasil belajar siswa pada SMA Negeri 9 Pekanbaru. Populasi penelitian adalah
siswa kelas 12 IPS SMA Negeri 9 Pekanbaru dan sampelnya diambil oleh secara acak berjumlah
32 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik eksperimen dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan perbandingan skor test hasil belajar siswa antara kelompok eksperiment dan
kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika,
kelompok ekperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika pada kelompok kontrol.
Kontribusi pemberian komentar pada ulangan harian siswa sangat kecil dengan koefisiesn
diterminan sebesar 7.89 persen.
Keywords
pemberian komentar, ulangan harian, hasil belajar siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.