PELAKSANAAN EVALUASI TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI TK SE-KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi tingkat pencapaian
perkembangan anak usia dini di TK se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 103 orang guru. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan
menggunakan rumus Slovin berjumlah 81 orang guru. Adapun teknik pengumpulan data yaitu
angket dalam bentuk skala likert. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Dari
hasil penelitian diperoleh pelaksanaan evaluasi tingkat pencapaian perkembangan anak usia
dini di TK se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru secara keseluruhan dan mencakup
seluruh indikator memperoleh persentase sebesar 79,09 tergolong kategori baik berada pada
kategori penilaian antara 66-79% yang dikategorikan “Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan evaluasi tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini di TK se-Kecamatan
Payung Sekaki Kota Pekanbaru berada pada kategori baik.
perkembangan anak usia dini di TK se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 103 orang guru. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan
menggunakan rumus Slovin berjumlah 81 orang guru. Adapun teknik pengumpulan data yaitu
angket dalam bentuk skala likert. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Dari
hasil penelitian diperoleh pelaksanaan evaluasi tingkat pencapaian perkembangan anak usia
dini di TK se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru secara keseluruhan dan mencakup
seluruh indikator memperoleh persentase sebesar 79,09 tergolong kategori baik berada pada
kategori penilaian antara 66-79% yang dikategorikan “Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan evaluasi tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini di TK se-Kecamatan
Payung Sekaki Kota Pekanbaru berada pada kategori baik.
Keywords
Pelaksanaan Evaluasi, Guru.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.