PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE PROYEK (Penelitian Tindakan di Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui
metode proyek yang dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B Taman
Kanak-kanak Pertiwi Lhokseumawe Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini berjumlah
15 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model
penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahapan empat tahapan
yaitu: perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen non-tes seperti observasi atau
pengamatan, catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Penelitian
ini terdiri dari 2 siklus, pada siklus I terdiri dari 8 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 6
kali pertemuan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik
analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif berdasarkan pendapat Miles
dan Huberman adalah dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data dan analisis
data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari
pra-siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
kecerdasan naturalis anak melalui metode proyek dapat dibuktikan rata-rata skor kecerdasan
naturalis dalam satu kelas pada pra-siklus sebesar 36,07 mengalami peningkatan pada
siklus I sebesar 62,86 dan pada siklus II sebesar 72,60
metode proyek yang dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B Taman
Kanak-kanak Pertiwi Lhokseumawe Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini berjumlah
15 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model
penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahapan empat tahapan
yaitu: perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen non-tes seperti observasi atau
pengamatan, catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Penelitian
ini terdiri dari 2 siklus, pada siklus I terdiri dari 8 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 6
kali pertemuan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik
analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif berdasarkan pendapat Miles
dan Huberman adalah dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data dan analisis
data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari
pra-siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
kecerdasan naturalis anak melalui metode proyek dapat dibuktikan rata-rata skor kecerdasan
naturalis dalam satu kelas pada pra-siklus sebesar 36,07 mengalami peningkatan pada
siklus I sebesar 62,86 dan pada siklus II sebesar 72,60
Keywords
Kecerdasan Naturalis, Metode Proyek, dan Penelitian Tindakan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.