ANALISIS FAKTORIAL KETRAMPILAN KEPEMIMPINANKEPALA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) YANG BELUM BERAKREDITASI DI KOTA PEKANBARU
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah banyaknya sekolah taman kanak-kanak (pendidikananak usia dini) yang belum terakriditasi di Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui faktor-faktor ketrampilan kepala sekolah taman kanak-kanak serta faktor apakah yangmemiliki kontribusi terbesar terhadap belum terakriditasinya sekolah yang bersangkutan. Populasidalam penelitian ini, mengacu pada data dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru tahun 2013,adalah semua kepala sekolah taman taman kanak-kanak (pendidikan anak usia dini) yang belumterakriditasi di Kota Pekanbaru sebanyak 148 orang. Sedang sample penelitiannya sebanyak 60orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik angket tentang ketrampilan kepemimpinankepala sekolah. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dari 28 butir pernyataan terdapat 4butir yang tidak memenuhi syarat, sehingga instrument final terdiri dari 24 butir pertanyaan. Daridata yang terkumpul setelah dilakukan analisis statistic sederhana, ketrampilan konseptual(conseptual skill) memperoleh skor 71,7% termasuk dalam kategori baik, ketrampilan teknik(technical skill) memperoleh skor 71,2% termasuk kategori baik, dan ketrampilan kemanusiaan(human skill) memperoleh skor 81,46% termasuk kategori sangat baik. Apabila diambil rata-ratatentang ketrampilan kepemimpinan terrsebut diperoleh skor 74,8% termasuk dalam kategori baik.
Kata kunci: ketrampilan kepemimpinan (leadership skill)
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.