PENERAPAN STRATEGI PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan strategi process oriented guided inquiry learning (POGIL) pada pokok bahasan senyawa hidrokarbon. Penelitian ini dijalankan di kelas XI SMA Negeri 10 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian randomized control group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda materi senyawa hidrokarbon yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (r = 0,953). Sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen (n = 36) dan kelas kontrol (n = 35) sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan strategi POGIL, sedangkan kelompok kontrol tanpa penerapan strategi POGIL. Analisa data dilakukan menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel (3,07 ˃ 1,67) dengan α = 0,05, dk = 69 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi POGIL dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan senyawa hidrokarbon.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamanda, V.D. & Novita, D. 2015. Penerapan strategi POGIL untuk meningkatkan self- efficancy siswa pada materi ikatan kimia kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia 4(1): 34- 40
Chase A, Pakhira D, Stains M. 2013. Implementing process-oriented, guided-inquiry learning for the first time: adaptations and shortterm impacts on students’ attitude and performance. Journal Chemistry Education. 90: 409–416
Hanson, D.M. 2006. Instructor’s Guide to Process Oriented Guided Inquiry Learning. Lisle. Pacific Crest. IL. New York.
Febrilla, P.R., Dasna, W.I., & Sutrisno. 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Strategi POGIL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pokok Bahasan Reaksi Redoks. SN-KPK IX Kimia : 103:110. UM. Malang
Irianto, A. 2008. Statistika Konsep Dasar dan Aplikasi. Kencana. Jakarta
Sari, B.R., Duhartono, & Darwis, D.. 2017. Pengaruh Penerapan Penalaran Berbasis Konsep Melalui Strategi Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Redoks. Jurnal Riset
Pensisikan Kimia 7(1):7-13
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Tarsito. Bandung.
Sulalah, A. & Suyuno. 2014. Implementasi Strategi POGIL untuk Mereduksi Miskonsepsi
pada Materi Stoikiometri Kelas X di SMAN 1 Kandangan. Jurnal Pendidikan Kimia
(3):187-192
Sundayana, R. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Warsono & Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif (Teori dan Assesmen). Rosda. Surabaya
Refbacks
- There are currently no refbacks.