STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HOREY DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Course Review Horey (CRH) dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Hulu Kuantan. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling berjumlah 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan soal tes. Analisis data menggunakan uji Nonparametrik Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,004 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Course Review Horey dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Sehingga dapat diselidiki lebih lanjut perbedaan hasil belajar dengan memacu pada rerata nilai posttest. Hasil belajar kelas yang menggunakan metode CRH lebih tinggi daripada metode mind mapping.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriyanto, D, Mulyani dan Susanti, E. 2014. Pengaruh metode pembelajaran mind
mapping dan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar kimia pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia pada siswa kelas X Semester Gasal di SMANegeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(3): 1-
Azhar, A. 2007. Media pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta:
Buzan, T. 2009. Buku Pintar Mind Mapping. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Hamdani. 2011. Strategi belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia. Bandung
Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Pustaka Belajar.
Yogyakarta.
Huda, M. (2011). Cooperative learning (Vol. 113). Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Kharismawan, B., dan Haryani, S. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Course Review
Horay Berbasis Problem Posing Terhadap Hasil Belajar.Chemistry in
Education. 4(1): 31-38
Petrianis, P., Erna, M. E., & Amran, E.Y.A.Y. 2015. Penerapan model pembelajaran
kooperatif course review horay untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada
pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Online
Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 2(2): 1-9.
Saud, U.S dan Makmun, A.S. 2009. Perencanaan Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia. Siduarjo
Sugiyono. 2008. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R &
D). Alfabeta. Bandung
Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Yogyakarta
Priyatno, D. (2012). Cara kilat belajar analisis data dengan SPSS 20. Andi Offset.
Yogyakarta
Sulistyowati, D. (2012). Pengaruh teknik pembelajaran mind mapping terhadap prestasi
dan kreativitas belajar kimia siswa kelas XI SMAN 2 Malang. SKRIPSI Jurusan
Teknologi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Malang. Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.