META-ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD

Moh Rifai

Abstract


Abstract: The purpose ofthis research to analize the effectiveness of Student Team Achievement Division (STAD) model in improving social studies learning of elementary scool students. This model is one of cooperative learning that can give student learning motivation. First, the researcher formulated the problem and than collect exiting research data that was already throughgoogle scholar. The research data found of 12 articles and 1 relevantthesis result. The researcher analyzed the result of the study using quantitative comparison methods. Based on the result of the analysis, Student Team Achievement Division (STAD) models are effectively used in improving social studies learning of elementary school students. Increase in students learning of elementary starting from the lowest 6,9 % to the highest 56,6 % with an average increase of 34,61 %.

Keywords: Student Team Achievement Division (STAD) model, Social Studies Outcomes, Elementary School

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat memacu motivasi belajar siswa. Langkah pertama, peneliti merumuskan masalah terlebih dahulu kemudian mengumpulkan data penelitian yang sudah ada melalui penelusuran google cendikia. Data penelitian yang didapatkan  berupa 12 artikel dan 1 hasil skripsi  yang paling relevan. Peneliti menganalisis hasil penelitian dengan menggunakan metode pembanding kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Peningkatan hasil belajar IPS siswa SD mulai dari yang terendah 6,9 % sampai yang tertinggi 56,6 % dengan rata-rata peningkatan sebesar 34,01 %.

 

Kata Kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD), hasil belajar IPS, sekolah dasar

Keywords


Student Team Achievement Division (STAD) model, Social Studies Outcomes, Elementary School

References


B, Achmad Syaiful. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kedungrejo, Waru-Sidoarjo. Jurnal JPGSD. (Online). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10578 (diakses pada 6 Maret 2019)

Deswita, dkk. Implementation of Cooperative Learning Model Student Team Achievement Division Can Improve Learning Outcomes IPS Third Grade Students of SD Negeri 9 Duri Barat Kecamatan Mandau Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Unri. https://media.neliti.com/media/publications/186513-ID-none.pdf (diakses pada 7 Maret 2019)

Dlita, Helni. dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Talang Perigi Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Unri. (Online). https://media.neliti.com/media/publications/202242-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif.pdf (diakses pada 7 Maret 2019).

Gusniar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako. (Online). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/search/search (diakses 15 Maret 2019).

Jatimah. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Variasi Permainan Nagawan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Perumnas oleh Jatimah. Jurnal Kreatif Tadulako. (Online). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/search/search (diakses 5 Maret 2019)

Kristin, Firosalia. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Scholaria. (Online). http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/230 (diakses 5 Maret 2019).

N., Lazim. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 35 Pekanbaru. Jurnal Primary PGSD FKIP UNRI. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/4544 (diakses pada 7 Maret 2019).

Nugroho, Oky Wasrik Dwi. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD N Karang Duren. Skripsi tidak dipublikasikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Puspitasari, Wina Dwi. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperative Tipe Student Team Achievement Divisions dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sumiyati, Elfa. (2017). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_15 (diakses 6 Maret 2016).

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Muallimuna Madrasah Ibtidaiyah. (Online). https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/742 (diakses 5 Maret 2019)

Rifai, Moh. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN Manisrejo Kota Madiun. Jurnal Educandum. (Online). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/315 (diakses pada 5 Maret 2019)

Rochmatin. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV. Jurnal JPGSD. (Online). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/12219 (diakses pada 6 Maret 2019)

Saten. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Tipe STAD Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. (Online). http:// jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10912+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id (diakses pada 5 Maret 2019).

Sumiyati, Elfa. (2017).Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pelajaran PKn SD Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD Universitas Bengkulu. (Online). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3331 (diakses 5 Maret 2019).

Susanti, Yustin. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. (Online). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9160 (diakses pada 7 Maret 2019)

Warti, Elis. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Mosharafa Pendidikan Matematika STKIP Garut. (Online). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_15 (diakses pada 5 Maret 2019)

Wijanarko, Yudi. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendikia, Vol. 01, No. 01. (Online). http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/view/1579 (diakses 6 Maret 2019).

Zahro, Fakhriyatu. dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) dan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Premiere Educandum. (Online). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/3021 (diakses 7 Maret 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Moh Rifai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP