PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 99 PEKANBARU
Abstract
Guru, murid, dan bahan ajar merupakan unsur dominan dalam proses pembelajaran.Kualitas pengajaran mempengaruhi keefektifan proses pembelajaran dan akanberdampak terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDNegeri 099 Pekanbaru yang berjumlah 34 orang siswa dengan 14 orang siswa laki-lakidan 20 siswa perempuan. Penelitian ini secara khusus menggunakan rancangan penelitianone group pretest-posttest desaign. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah siswayang mencapai nilai di 60-100 pada pretest sebanyak 5 siswa, dan pada postest sebanyak25 siswa atau dalam bentuk persentase 15% dan 74%. Berdasarkan hasil penelitian inimaka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis masalah berpengaruhterhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas VSD Negeri 99 Pekanbaru.
Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pendekatan pembelajaran berbasis masalah.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v2i2.2819
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)