ANALISIS PENERAPAN METODE TUGAS TERSTRUKTUR PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI II (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 FEKON UNRI)
Abstract
Penelitian merupakan penelitian pra-eksperimental.Populasi dalam penelitianini adalah mahasiswa mata kuliah Pengantar Akuntansi II di Fakultas Ekonomi UNRITahun Akademik 2008/2009 yang terdiri dari 2 kelas yaitu A dan B dengan jumlahtotal 119 mahasiswa. Ada dua variabel prestasi belajar, yang masing-masingbersifat independent/bebas. Variabel prestasi belajar akuntansi dengan metodetugas terstruktur diberi kode X1 dan variabel prestasi belajar dengan metodekonvensional diberi kode X2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah Teknik Tes. Metode analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah independent sample t-test untuk menguji ada tidaknya prestasibelajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menujukkanbahwa kelompok eksperimen dengan menggunakan metode pemberian tugasterstruktur lebih efektif dari pada kelompok kontrol dengan menggunakan metodekonvensional.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.