ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN (LIBQUAL+TM METHOD) PADA PERPUSTAKAAN SOEMAN HS PROVINSI RIAU PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui harapan dan persepsi pemustakaterhadap kualitas pelayanan perpustakaan daerah Soeman HS Provinsi Riau yangmerupakan perpustakaan daerah yang dibangun dengan tujuan utama melayanimasyarakat Riau dan mengembangkan konsep kebudayaan Melayu melaluimembaca. Penelitian ini menggunakan konsep kualitas pelayanan perpustakaan(affect of service, information control dan library as place) yang keseluruhannyamerupakan bagian dari Libqual+TM Method, menggunakan metode purposivesampling dalam pengambilan sampel yang berjumlah 168, dan menggunakanmetode Importance Performance Analysis (IPA). Terdapat kesenjangan (GAP)yang terjadi antara harapan pemustaka dengan persepsi terhadap kinerjapelayanan Perpustakaan Daerah Soeman HS Provinsi Riau. Hal ini menunjukkanbahwa kinerja keseluruhan dari dimensi Libqual+TM yang diberikan olehperpustakaan daerah Soeman HS belum memenuhi harapan pemustaka. Dimensiaffect of service dan dimensi information control memiliki kesenjangan (GAP) yanglebar terhadap harapan pemustaka, berada pada kuadran I yang menunjukkanbahwa dimensi affect of service dan dimensi information control perlu mendapatkanprioritas utama dalam perbaikan kualitas pelayanan perpustakaan secara kongkritguna memperoleh nilai persepsi yang baik dimata pemustaka. Dimensi library asplace memiliki kesenjangan (GAP) yang cukup besar terhadap harapan pemustaka,berada pada kuadran IV, menunjukkan bahwa pelayanan pada dimensi ini dinilaiberlebihan dimata para pemustaka.
Kata kunci :library quality method, affect of service, information control, library asplace and recommendation (word of mouth).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.