PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH KOMPUTER AKUNTANSI

RM Riadi, Bedriati Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan multimedia pembelajaranberbasis komputer Akuntansi dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadapmultimedia pembelajaran berbasis komputer akuntansi. Penelitian ini dilaksanakanpada mata kuliah komputer akuntansi dengan jumlah mahasiswa semester V (Lima)sebanyak 41 orang. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek media yang terdiridari Uji validasi media terdiri dari 2 (dua) aspek yakni aspek media dan uji aspekmateri. Pada uji aspek media terdiri dari 2 (dua) uji yakni aspek kemanfaataan danaspek tampilan. Pada uji validasi media, peneliti menggunakan penilaian dari pihaklain yakni penilaian dari ahli komputer dan penilaian dari salah seorang dosenakuntansi. Dari hasil uji aspek media yang terdiri dari aspek kemanfaatan nilairerata diperoleh 3,83 atau dapat dikategorikan mendekati “baik”. Dari aspektampilan diperoleh nilai sebesar 3,78 atau dapat disimpulkan mendekati “baik”. Padauji aspek materi yang terdiri dari uji aspek pembelajaran dan aspek materi. Padaaspek pembelajaran penilaian oleh expert adalah sebesar 3,93 dan dikategorikanmendekati “baik”. Sedangkan pada aspek isi atau materi mendapatkan rerata 3,37atau cukup baik. Respon pada aspek pembelajaran memperoleh skor 3,66 ataumendekati baik, pada aspek materi atau isi, diperoleh skor sebesar 3,32 atau “cukupbaik”. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pembelajaranmultimedia dapat diterapkan sebagai suplemen pembelajaran.

Kata Kunci ; pembelajaran, aspek media, respon mahasiswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.