PENGGUNAAN MEDIA PAPAN CATUR MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI.MIPA.1

Risnita Risnita

Abstract


Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Hal ini terlihat pada ulangan harian peserta didik yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebabnya adalah rendah pemahaman konsep matematika. Pemahaman konsep yang rendah disebabkan materi matematika masih dirasakan abstrak oleh peserta didik. Konsep matematika yang abstrak bagi peserta didik akan menjadi mudah dipahami apabila pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran yang dilaksanakan adalah penemuan terbimbing menggunakan media papan catur manipulatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Pangkalan Kerinci dan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian yang dikumpulkan adalah data hasil belajar dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media papam catur manipulate dengan metode terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar peserta didik dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,11 %. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papam catur manipulate dengan metode terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar pada materi transformasi geometri.

Keywords


Hasil belajar, Penemuan Terbimbing dan Media Catur Manipulasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.