PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS VI SDN 018 KUOK

Darnayus Darnayus

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas VI SDN 018 Kuok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus 6 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 17 orang. Data penelitian ini didapat melalui lembar observasi (perilaku aktivitas belajar siswa, perilaku aktivitas kerja kelompok ) dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siklus 1 perilaku aktivitas belajar siswa aspek kedisiplinan 73,45; kesiapan belajar 72,75; keberanian 74,10; tanggung jawab 58,78 dan pemahaman tugas 60,74, pada siklus 2 mengalami peningkatan aspek kedisiplinan 85,75; kesiapan belajar 84,44; keberanian 86,41; tanggung jawab 83,05 dan pemahaman tugas 85,19 sedangkan perilaku aktivitas kerja kelompok aspek kerjasama 69,44; menyelesaikan masalah 66,66; percaya diri 63,89 dan hasil kerja kelompok 86,11, pada siklus 2 mengalami peningkatan kerjasama 86,11; menyelesaikan masalah 86,11; percaya diri 83,33 dan hasil kerja kelompok 97,22 sedangkan hasil belajar siklus 1 ketutasan 52,94 % mengalami peningkatan 94,12% dan rata-rata kelas 72,33 meningkat pada siklus 2 menjadi 84,47. Jadi, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan perilaku aktivitas belajar siswa dan perilaku aktivitas kerja kelompok setiap pertemuan sehingga hasil belajar siswa pun ikut meningkat

Keywords


Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, PKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.