PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA.2 SMAN 6 PEKANBARU
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA2 SMAN 6 Pekanbaru melalui problem solving. Hasil observasi proses pembelajaran fisika terlihat hasil ulangan yang diperoleh siswa hanya 8 dari 33 (24%) peserta didik yang tuntas sedangkan 25 (76%) peserta didik belum mencapai KKM. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus dan akhir setiap siklus dilakukan ulangan untuk melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukan terjadi peningkatan pembelajaran fisika siswa. Hal itu terlihat dari Rata-rata ulangan harian untuk seluruh peserta didik yang tuntas 83,33 dengan nilai tertinggi 95 dan rata-rata ulangan harian yang belum tuntas 63,33 nilai terendah 55. Rata-rata nilai ulangan harian seluruhnya 81,51 kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar fiska bagi peserta didik kelas XI IPA.2 SMAN 6 Pekanbaru.
Keywords
problem solving, model pembelajaran, fisika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.