PENGGUNAAN ALAT PERAGA SUMPIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XII MIPA 2 SMAN 1 PANGKALAN KERINCI

Risnita Risnita

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Hal ini terlihat pada ulangan harian peserta didik yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebabnya adalah rendah pemahaman konsep matematika. Pemahaman konsep yang rendah disebabkan materi matematika masih dirasakan abstrak oleh peserta didik. Konsep matematika yang abstrak bagi peserta didik akan menjadi mudah dipahami apabila pembelajaran menggunakan alat peraga. Pembelajaran yang dilaksanakan adalah pembelajaran langsung menggunakan alat peraga sumpit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA 2 SMAN 1 Pangkalan Kerinci dan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian yang dikumpulkan adalah data hasil belajar dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pembelajaran langsung menggunakan alat peraga sumpit dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar untuk KD 3.1 sebesar 22,58 % atau mencapai 96,77% peserta didik yang berada di atas KKM. Sedangkan untuk KD 4.1 peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 22,58 % atau mencapai 93,55% peserta didik berada di atas KKM.

Keywords


Hasil belajar, Model pembelajaran Langsung dan Alat Peraga Sumpit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.