PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS BAGI SISWA SMP SEDERAJAT
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes yang dapat
digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa kelas dua SMP. Instrumen tes keterampilan
proses sains yang dikembangkan berbentuk tes pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Tahapan
pengembangannya meliputi studi pendahuluan untuk menetapkan sub-konstruk keterampilan proses
sains, penyusunan item soal, penilaian validitas isi dan konstruk oleh pakar dan uji coba terbatas, serta
uji reliabelitas. Sebanyak 52 siswa kelas dua SMP di Pekanbaru telah berpartisipasi sebagai responden
penelitian. Terdapat 6 sub-konstruk KPS dasar yang dipilih dalam pengembangan ini yaitu: keterampilan
mengamati, mengklasifikasi, mengukur dan menggunakan nomor, menginferens, meramal, dan
mengkomunikasikan, dan 6 sub-konstruk KPS terpadu yaitu: merumuskan masalah, merumuskan
hipotesis, mengontrol variabel, mendefinisikan variabel, merancang eksperimen, dan menafsirkan data.
Tiga puluh item soal telah dinyatakan valid untuk mengukur keterampilan proses sains siswa SMP
menurut pakar maupun berdasarkan analisis korelasi point biserial terhadap item-item soal dan konstruk.
Uji reliabelitas yang dianalisis menggunakan analisis KR-20 mendapatkan indeks 0,69 yang menyatakan
bahwa instrumen KPS yang dikembangkan bersifat reliabel.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.