PENINGKATAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD STUDENT TEAMS-ACIEVEMENT DIVISIONS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-3 DI SMA 8 PEKANBARU
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaranStudents Teams-Achievement Divisions dapat miningkatkan motivasi siswa kelas X-3 SMA 8Pekanbaru dalam pelajaran ekonomi. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk menemukanfaktor-faktor apa penyebab peningkatan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD motivasi siswa dalam pelajaran ekonomi mengalamipeningkatan yang signifikan. Rata-rata presentasi keaktifan siswa pada siklus I (57,59%) meningkatmenjadi (86,61% ) pada siklus II. Nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan tindakan siklus I (77.8)meningkat menjadi (85) pada siklus II. Faktor dominan yang mempengaruhi peningkatan motivasi danhasil belajar siswa adalah pertama, hampir seluruh siswa sangat aktif dalam proses pembelajaran,kedua siswa berusaha bekerja keras, gembira dan bertanggung jawab terhadap masing-masing kelompokuntuk menguasai pembelajaran yang dipelajari.
Kata Kunci: Pelajaran ekonomi, Students Teams-Achievement Divisions, Motivasi, PTK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.