CITIZEN-CENTRIC E-GOVERMENTPELAYANAN PUBLIK

Dedi Kusuma Habibie

Abstract


Citizen-Centric E-Goverment Pelayanan Publik. Perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi mempengaruhi berbagai lini kehidupan, termasuk perkembangan sistem
pemerintahan. Saat ini pemerintah pusat maupun daerah gencar menggunakan media teknologi
informasi dan komunikasi sebagai sarana publik, tuntutan terhadap keterbukaan informasi yang
menyeluruh, serta layanan publik berbasis internet akan mempengaruhi sistem birokrasi yang
akan datang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ternyata terlalu cepat berkembang
dibanding dengan perkembangan birokrasi. Desakan untuk menyediakan birokrasi yang
acceptable semakin masif, tidak hanya pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah
untuk memberikan informasi dan pelayanan melainkan juga memberikan informasi dan pelayanan
berbasis masyarakat. Artikel ini menjelaskan peran e-Goverment dalam pelayanan publik, berbagai
isu e-Goverment dimasa yang akan datang, dan Citizen-Centric e-Goverment sebagai
cara pandang pelayanan publik berbasis teknologi infomasi dan komunikasi. Untuk menjawab
berbagai topik tersebut penulis menggunakan pendekatan literatur review serta mengangkat
berbagai studi kasus dari berbagai karya ilmiah yang terkait dengan dengan topik yang diangkat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JKP UNRI Indexed by:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter