IMPLEMENTASI STRATEGI PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH
Abstract
Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi strategi peningkatanpenerimaan pajak daerah dan retribusi daerah di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan danAset Daerah Kabupaten Siak dan faktor-faktor yang menghambatnya. Dalam penelitian ini digunakanteorinya Bambang Hariadi yang menjelaskan tentang model implementasi strategi dapat dilakukandengan cara mempersiapkan struktur, menjalankan proses, dan mengembangkan perilaku. Penelitianini dilaksanakan di Kabupaten Siak, tepat pada Dinas Pendapatan, Pengeloloaan Keuangan danAset Daerah Kabupaten Siak. Informan penelitian ini adalah pegawai sebagai informan kunci dankepala dinas dan sekretaris dinas sebagai informan pelengkap. Pengumpulan data dilakukan denganmetode observasi dan wawancara dalam upaya mengumpulkan informasi dan data. Setelah dataterkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitiandan pembahasan yang dilakukan ditemukan bahwa implementasi strategi peningkatan penerimaanpajak daerah dan retribusi daerah yang ditinjau dari mempersiapkan struktur, menjalankan prosesdan mengembangkan perilaku disimpulkan sudah baik. Sedangkan faktor-faktor yang menghambatimplementasi strategi peningkatan penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah, yaitu faktor kualitasSDM, faktor penempatan SDM dan faktor koordinasi antar organisasi.
Kata Kunci: pelayanan publik, ISO 9001:2008, kualitas pelayanan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
JKP UNRI Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.