TAHAPAN STRATEGI DAN TAKTIK MEDIA SOSIAL RASE FM BANDUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN EKSISTENSI DALAM PERSAINGAN MEDIA

Fajar Hermawan, Trie Damayanti, Hanny Hafiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan strategi dan taktik media sosial Rase FM Bandung sebagai upaya meningkatkan eksistensi dalam persaingan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahapan strategi dan taktik media sosial Rase FM terdapat proses situation statement, objectives, define the audience, strategy, tactic, timeline, dan bugdgeting. Simpulan dari penelitian ini pada tahap situation statement Rase FM memahami tentang perkembangan zaman saat ini yang membuat pendengar Rase FM menurun dan Rase FM juga sadar bahwa dengan menggunakan media sosial Rase FM bisa bersaing dengan media yang lain. Tujuan dari penggunaan media sosial Rase FM adalah mendapatkan 200.000 pendengar. Target audiens Rase FM adalah sama seperti segmentasi pendengarnya yaitu dewasa muda menengah ke atas yang berdomisili di sekitar Bandung. Strategi Rase FM adalah menggunakan media sosial sebagai upaya meningkatkan eksistensi dalam persaingan media. Selanjutnya ada banyak taktik yang digunakan oleh Rase FM yang telah peneliti klasifikasi menjadi Share, Optimize, Manage, Engage, dan Evaluasi. Kemudian, Rase FM tidak memiliki timeline dalam pengelolaan media sosialnya. Terakhir, untuk budget yang dikeluarkan oleh Rase FM adalah 150 ribu untuk uang dan sisanya bersifat fasilitas yang dimiliki oleh Rase FM.




Keywords


Tahapan Strategi dan Taktik Media Sosial; Media Sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.