PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INTERAKSI DI KALANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 KOTA PEKANBARU

Rumyeni ', Evawani Elysa Lubis, Nova Yohana

Abstract


Abstrak : Media sosial Facebook telah menjadi bagian dari pengalaman tumbuh dewasa para remaja. Mereka terus berkomunikasi lewat media sosial, dimanapun dan kapanpun. Waktu yang dihabiskan untuk media sosial seringkali lebih banyak dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan untuk belajar atau berkumpul bersama keluarga. Berbagai hal menjadi alasan media sosial begitu mampu menarik bagi para remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media sosial Facebook sebagai media komunikasi dan interaksi di kalangan siswa SMA Negeri 12 Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan dengan melalui penyebaran angket kepada sampel penelitian sebanyak 100 responden yang diambil dari keseluruhan siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru yang aktif menggunakan Facebook yaitu sebanyak 1004 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Facebook sebagai media komunikasi dan interaksi oleh siswa SMA Negeri 12 Kota Pekanbaru bisa dilihat melalui frekuensi rata-rata siswa adalah di setiap ada kesempatan dengan durasi kurang dari 1 jam dalam sehari. Kebanyakan siswa memiliki teman di Facebook lebih dari 750 orang, tempat paling disukai untuk mengakses Facebook di sekolah adalah di ruang kelas sedangkan di rumah adalah di kamar tidur. Mayoritas siswa mengakses media sosial dengan menggunakan telepon seluler atau telepon pintar, dengan tujuan mengakses Facebook mayoritas adalah untuk berbagi informasi mengenai kejadian di seputar mereka melalui ruang obrolan atau chatting. Alasan mereka lebih memilih Facebook dibandingkan media sosial lainnya adalah karena banyaknya teman mereka yang menggunakan aplikasi tersebut, dengan motif lebih banyak adalah untuk mencari hiburan.

Kata kunci: Media Sosial, Facebook, Media Komunikasi, Interaksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.