PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA SWASTA RK BINTANG TIMUR P. SIANTAR

Sri Erliani Gurning, Rahmatsyah Rahmatsyah

Abstract


Telah dilakukan penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa
pada materi suhu dan kalor di Kelas X Semester II SMA Swasta RK Bintang Timur P. Siantar Sumatera Utara
T.P 2016/2017, dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
Inquiry Training dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dan pengambilan
sampel dilakukan secara simple random sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.
Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif dan tes keterampilan proses sains siswa. Dari
analisa data untuk hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 42,00 dan postest 78,20. Kelas
kontrol diperoleh rata-rata pretest 37,64 dan postest 69,75. Analisa data untuk keterampilan proses sains
kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 36,54 dan postest 71,56. Keterampilan proses sains kelas kontrol
diperoleh rata-rata pretest 35,02 dan postest 63,89. Hasil analisis data menggunakan uji t satu pihak
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa
pada materi pokok suhu dan kalor.


Keywords


inquiry training; hasil belajar; suhu dan kalor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Geliga Sains



Jurnal Geliga Sains Terindexs:

- Google Scholar

- Garuda