PENGEMBANGAN EKSPERIMEN SIMULASI GETARAN DAN GELOMBANG DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH MENENGAH

Yennita Yennita, Ahmad Ma’ruf, Nisa Ul Husni, Hendar Sudrajat, Zulirfan Zulirfan

Abstract


bukan belajar dengan metode ceramah. Pembelajaran tentang getaran dan gelombang di dalam tuntutan
kurikulum merupakan pembelajaran yang harus dilakukan dengan eksperimen. Namun percobaan ini ternyata
sulit dilakukan karena tidak ada alat eksperimen yang dapat menghasilkan gelombang berjalan yang terukur
kecepatan, amplitudo, perioda dan frekuensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat eksprimen
simulasi getaran dan gelombang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D yaitu suatu
bentuk penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk.
Pengembangan alat percobaan ini mengikuti tahapan ADDIE model, dengan melewati 5 tahap yaitu Analysis,
Design, Development, Implementation dan Evaluation. Alat percobaan ini dapat digunakan setelah direvisi,
divalidasi oleh pakar. Setelah dinyatakan valid oleh pakar, selanjutnya dilakukan uji coba di lapangan untuk
melihat keberfungsian alat dan kemudahan penggunaan alat tersebut. Hasil validasi alat eksperimen dan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) telah valid menurut pakar. Setelah diuji pada sekelompok siswa, alat
eksperimen telah memenuhi kriteria praktis menurut siswa, maka selanjutnya alat ini telah dapat digunakan
untuk melihat efektivitasnya.


Keywords


ADDIE model; getaran dan gelombang; praktikalitas; validitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Geliga Sains



Jurnal Geliga Sains Terindexs:

- Google Scholar

- Garuda