EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MULTIREPRESENTASI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES MAHASISWA PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR I

Syahril Syahril, Muhammad Sahal, Fakhruddin Fakhruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika berbasis lesson study dengan
multirepresentasi pada matakuliah Fisika Dasar I. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat pertama
sebanyak 42 orang yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen pengumpulan
data adalah tes keterampilan proses yang terdiri dari 5 item soal essay. Analisis data adalah analisis deskriptif
untuk melihat gambaran dari hasil belajar keterampilan proses mahasiswa dengan menggunakan kriteria daya
serap, efektivitas pembelajaran, dan ketuntasan belajar siswa pada saat pretest dan postest. Analisis data
menunjukkan daya serap rata-rata kelas adalah 9,28% dengan kategori kurang baik pada kelas eksperimen
pretest sedangkan pada postest 17,78% kurang baik dan 9,30% dengan kategori kurang baik untuk kelas
kontrol pada saat pretest dan 17,18% dengan kategori kurang baik, sedangkan efektivitas pembelajaran
dinyatakan kurang efektif dengan porsentase 0 % pada kelas eksperimen dan 0% untuk kelas kontrol pada
kategori kurang efektif, ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal 0% dan dinyatakan tidak tuntas pada
kelas eksperimen pretest dan 4,76% dengan kategori tidak tuntas postest, dan 0% pada saat pretest dengan
kategori tidak tuntas, 14,29% juga tidak tuntas untuk kelas kontrol postest, serta ketuntasan materi pelajaran
sebesar 0% dan dinyatakan tidak tuntas pada kelas eksperimen dan 0% tidak tuntas pada kelas kontrol baik
pretest maupun postest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fisika berbasis
lesson study dengan multirepresentasi efektif digunakan untuk proses pembelajaran mahasiswa pada
matakuliah fisika dasar I pada materi tumbukan dan momentum.


Keywords


Fisika Dasar I, keterampilan proses, lesson study, multirepresentasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Geliga Sains



Jurnal Geliga Sains Terindexs:

- Google Scholar

- Garuda