Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Brand Switching Pada Konsumen Remaja Pengguna Kartu Seluler Prabayar Di Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat variety seeking dan ketidakpuasan, sertapengaruhnya terhadap perilaku brand switching pada konsumen remaja pengguna kartu selulerprabayar di Pekanbaru. Populasi penelitian adalah penduduk kota Pekanbaru kelompok usia 10-14tahun dan 15-19 tahun. Dengan menggunakan metode slovin maka diperoleh sampel terpilih sebanyak100 orang, yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Metode pengujian data dilakukandengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat variety seeking, ketidakpuasan dan perilaku brandswitching pada konsumen remaja pengguna kartu prabayar di Pekanbaru tergolong tinggi. Penelitianjuga menyimpulkan bahwa factor variety seeking dan ketidakpuasan berpengaruh signifikan, baiksecara simultan maupun secara parsial, terhadap perilaku brand switching. Faktor variety seekingmerupakan faktor yang paling kuat pengaruhnya terhadap perilaku brand switching pada konsumenremaja pengguna kartu seluler prabayar di Pekanbaru. Kontribusi faktor variety seeking danketidakpuasan sangat kuat dalam menjelaskan variasi yang terjadi pada perilaku brand switching,yaitu sebesar 97,8%.Saran yang dapat diberikan kepada operator seluler di Pekanbaru agar dapat menarik minat yanglebih besar lagi dari konsumen remaja adalah agar mereka lebih mendekat merek dan produknya kesekolah-sekolah agar konsumen remaja usia sekolah mendapatkan informasi yang jelas mengenaiproduk dan tarif operator seluler, dan agar operator seluler selalu meningkatkan fasilitas fitur padakartu seluler serta meningkatkan kinerja jaringannya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.