Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli TELKOMNET INSTAN PADA PT.TELKOM CABANG PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri atasvariabel perceived brand quality, perceived brand value for the cost, branduniqueness, dan price premium terhadap minat beli TELKOMNet Instan padaPT.TELKOM cabang Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah pelangganTelkomnet-Instan di Pekanbaru pada tanggal 20 NOvember 2009 yaitu 6400 orang.Pengambilan sampel melalui accidental random sampling dan jumlah sampelberdasarkan rumus Slovin adalah seratus responden Tekhnik analisis datamenggunakan analisis linear berganda dan pengujian hipotesis koefisien regresimelalui ufi simultan dan ujiparsial. Hasil penelitian menunj'ukkan bahwa variabelperceived brand quality, perceived brand value for the cost, brand uniqueness, danprice premium secara simultan memberikan pengaruh signifikan terhadap minat beliTELKOMNet-Instan pada PT.TELKOM cabang Pekanbaru. Dari ufi parsialdiketahui bahwa brand uniqueness merupakan variabel yang paling berpengaruh.Dengan temuan penelitian ini disarankan pada perusahaan dalam upaya untukmeningkatkan minat beli konsumen TELKOMNet-Instan lebih menonjolkan keunikanproduknya dalam pesan komunikasi melalui iklan atau promosi lainnya secaraspesifik dan lebih jelas (distinctive) agar mudah untuk dipahami oleh konsumensasarannya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.