PENGARUH MEDIASI PREMIUM PRICE CAPABILITY (PPC) TERHADAP HUBUNGAN ANTARA MODAL INTELEKTUAL DAN KINERJA KEUANGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015)

Yuristira Putri, Andreas Andreas, Zulbahridar Zulbahridar

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan,
pengaruh modal intelektual terhadap premium price capability dan pengaruh premium price capability
(PPC) dalam memediasi hubungan modal intelektual dan kinerja keuangan. Sampel dalam penelitian ini
adalah 11 perusahaan asuransi yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode
2011-2015 dengan metode pengambilan sampel sampling jenuh. Modal intelektual diukur
dengan Modified VAIC (MVAIC), kinerja keuangan diukur dengan rasio retensi sendiri (RRS), dan
premium price capability sebagai variabel mediasi dalam penelitian ini diukur dengan rasio
premium price capability (PPC). Teknik analisis data yang digunakan yaitu PLS, dan software yang
digunakan adalah WarpPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal intelektual tidak
berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Modal intelektual berpengaruh negatif signifikan
terhadap premium price capability. Premium price capability memediasi hubungan antara modal
intelektual dan kinerja keuangan, dengan bentuk mediasi yang ditimbulkan merupakan mediasi penuh.


Keywords


Modal Intelektual (MVAIC), Premium Price Capability (PPC), Rasio Retensi Sendiri (RRS).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
web
counter