ANALISIS PERILAKU PEDAGANG DALAM PEMBENTUKKAN HARGA BARANG KEBUTUHAN POKOK DI KOTA PEKANBARU
Abstract
Analisis Perilaku Pedagang Dalam Pembentukan Harga Barang KebutuhanPokok di Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanaperilaku dari para pedagang dalam pembentukan harga sebelum barangkebutuhan pokok tersebut dijual ke konsumen (pembeli). Harga ditingkatkonsumen juga dipengaruhi oleh pola distribusi barang di suatu daerah. Hargabeli rata-rata pedagang tradisional dipengaruhi oleh harga pembelian komoditasdari pemasok/pengepul dan kondisi pasokan barang pada saat normal, pasokanbarang banyak dan pasokan barang sedikit. Pada saat kondisi pasokan masing-masing komoditas sedikit harga beli pedagang mengalami kenaikan dan padasaat pasokan masing-masing komodtas banyak harga beli pedagang akan turun.Harga jual rata-rata pedagang pasar untuk masing-masing komoditas jugatergantung dari keadaan pasokan barang sedikit dan banyak dibandingkanpasokan barang normal. Pada saat kondisi pasokan barang sedang sedikit hargajual pedagang akan mengalami kenaikan dan pada saat pasokan barang banyakharga jual pedagang akan mengalami penurunan.Secara umum, harga beli rata-rata pedagang lima macam kebutuhan pokok padasaat pasokan barang sedikit naik sebesar 63,78% dari pasokan barang normal,pada saat pasokan barang banyak dibandingkan harga normal harga beli rata-rata pedagang turun sebesar sebesar 28,13%. Harga jual rata-rata pedaganglima macam kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Pekanbaru pada kondisisedikit dibandingkan normal naik sebesar 50%, jika kondisi pasokan barangbanyak dibandingkan pasokan barang normal harga jual rata-rata pedaganguntuk kelima macam kebutuhan pokok turun sebesar 17,1%.Faktor yang dominan dalam menentukan harga jual pedagang yaitu harga pasartertinggi sebesar 50% dan harga pesaing atau penjual lain sebesar 40% dan lainlain sebesar 10%.
Kata Kunci : Harga, Perilaku Pedagang
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.