ANALISIS SEGMENTASI GAYA HIDUP PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS RIAU

Jushermi '

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana segmentasi gaya hidupmahasiswa jurusan manajemen S1 Fakultas Ekonomi Universitas Riau. dalampenelitian ini penulis menggunakan variabel gaya hidup sebagai dasarsegmentasi yang dilihat dari variabel AIO, yaitu; Aktifitas (Activity), Minat(Interest) dan Pendapat (Opinion).Penelitian ini menggunakan teknik sampling non-probabilitas, yaitu teknikconvenience sampling dengan sebelumnya menggunakan rumus slovin makaterpilih 200 orang sampel. Penelitian ini bersifat deskriptif sedangkan analisisdata yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis klaster dengan bantuanprogram SPSS versi 17.0.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan analisis faktor mahasiswajurusan manajemen S1 Fakultas Ekonomi Universitas Riau terbagi menjadi 10Kelompok Komunitas, yaitu komunitas pengikut tren teknologi, komunitasfantasi/hiburan, komunitas rumahan, komunitas gaul, komunitas modern/pengikuttrend mode, komunitas pencari informasi, komunitas kebanyakan, komunitassportif, komunitas touring-wisata kuliner, dan komunitas relasi/pertemanan.Selanjutnya dilakukan dengan analisis klaster menunjukkan bahwa segmentasigaya hidup mahasiswa jurusan manajemen S1 Fakultas Ekonomi UniversitasRiau terbagi menjadi tiga segmen, yaitu segmen dinamis (26,5%), segmen pencariidentitas (41%) dan segmen trendsetter (32,5%)

Kata Kunci : Segmentasi, gaya hidup AIO (Activity, Interest, Opinion)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
web
counter