MANAJEMEN PENGEMBANGAN PASAR

Agus Susanto

Abstract


Manajemen Pengembangan Pasar. Permasalahan manajemen pengembangan pasar di
Kabupaten Indragiri Hulu yang belum berjalan secara optimal sehingga penerimaan pendapatan
kecamatan melalui pengembangan organisasi pasar pada tiap tahunnya masih mengalami kendala
dan hambatan dari berbagai faktor seperti kurangnya pengetahuan para pengelola pasar tentang
manajemen pengembangan organisasi dalam mengelolah retribusi pasar. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis manajemen pengembangan pasar di Kabupaten Indragiri Hulu. Selain itu
penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Manajemen
Pengembangan Pasar di Kabupaten Indragiri Hulu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen
pengembangan pasar di Kabupaten Indragiri Hulu belum berjalan secara maksimal. Hal ini dikarenakan
proses perencanaan pembangunan yang belum matang, pengorganisasian yang belum berjalan
secara efektif, dan pelaksanaan pengembangan pasar yang belum memberikan kontribusi positif
bagi kemajuan pasar, serta rendahnya pengawasan dan evaluasi terhadap pengelola pasar di
kecamatan dan evaluasi yang belum berjalan membuahkan hasil yang optimal. Adapun faktor-faktor
yang mempengaruhi manajemen pengembangan pasar yakni faktor Komunikasi, faktor Kerjasama,
faktor Sarana dan prasarana, serta faktor Motivasi dari Pengelola Pasar.


Keywords


manajemen, pengembangan pasar, retribusi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.