RELATIONSHIP BETWEEN LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY PEKANBARU SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AND SITUATIONAL FACTORS (TYPE OF SCHOOL)
Abstract
Tujuan utama studi ini adalah untuk meneliti hubungan antara strategi belajar bahasa dan faktor-faktor yang terkait digunakan oleh siswa SMA. Penelitian ini mengidentifikasi penggunaan strategi pembelajaran bahasa oleh para mahasiswa berbedajenis kelamin dan jenis sekolah. Tujuan tambahan adalah untuk melihat perbedaan strategi pembelajaran bahasa yang digunakan berdasarkan gender, etnis, jenis sekolah,siswa latar belakang akademis dan sosial-ekonomi orang tua. Responden penelitian adalah 400 siswa SMA di Pekanbaru. Data dikumpulkan dengan menggunakan Inventarisasi Strategi Belajar Bahasa (SILL) oleh Oxford (1990a). Deskriptif dan statistikinferensial digunakan untuk menganalisa data. Temuan penelitian menunjukkan bahwaterdapat perbedaan yang signifikan antara jenis kelamin, etnis, jenis sekolah, siswa latar belakang akademis dan sosial-ekonomi orang tua dengan strategi pembelajaran bahasa yang digunakan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa walaupun siswa menyadari beberapa strategi pembelajaran bahasa, mereka mungkin perlu secara eksplisit diajarkan untuk menggunakannya
Keywords: Strategi pembelajaran bahasa, faktor situasional, prestasi siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.