PENERAPAN TEKNIK PRESENTASI MATERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN FONOLOGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS RIAU
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi ketika penulis mengalami kendala dalam mengajarkanmata kuliah fonologi. Dalam pembelajaran masih ada mahasiswa yang tidak bisa membedakanbunyi-bunyi fonem serta mentransformasikan kalimat dalam bentuk fonemik dan fonetik. Untukmemecahkan masalah ini penulis memilih sebuah teknik yang diperkirakan cocok dalam pembelajaranini dan dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami materi fonologi, yaitu teknik presentasimateri. Pada siklus 1, antusias dan motivasi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat,mahasiswa menunjukkan aktivitas dalam berdiskusi dan tanya jawab. Namun, masih ada beberapaorang yang kurang percaya diri untuk mengeluarkan pendapat dalam diskusi. Oleh sebab itu,masih ada nilai mahasiswa yang belum tuntas. Pada siklus II, aktivitas mahasiswa lebih meningkatlagi dibandingkan dengan siklus I. Ditandai dengan perolehan skor total hasil pembahasan yangtinggi, yaitu berada di rentang 50-100% dengan kemunculan kriteria sebanyak empat indikatorkeberhasilan yang ditetapkan sehingga termasuk dalam kriteria sangat baik. Mahasiswa lebih aktifdibandingkan dengan siklus sebelumnya dan lebih menguasai materi fonologi serta kelas lebihkondusif, tidak malu lagi apabila menjawab soal yang diberikan dosen maupun teman sejawat.Jadi, teknik presentasi materi dapat meningkatkan hasil pembelajaran fonologi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.