Penerapan "Scaffolding Instruction: Experience- Text-Relationship Method" Untuk Meningkatkan Kemampuan "Reading Comprehension"

Eliwarti '

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan 'Scaffolding Instruction: Experience-Text-Relationship Method' dapat Meningkatkan Kemampuan 'Reading Comprehension' Mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 25 orang mahasiswa semester V I B yang mengikuti mata kuliah TOEFL. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2010/2011. Prosedur tindakan yang diterapkan adalah: 1. Menjelaskan konsep latihan yang akan dikerjakan pebelajar. 2.Memimpin diskusi tentang schemata mereka. 3. Pebelajar membaca sebagian materi teks. 4.Memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk membantu pemahaman. 5. Memimpin diskusi berikutnyauntuk membantu pebelajar memahami hubungan dan relevansi antara schemata dan teks yangdibaca. Pebelajar menemukan bagaimana materi baru berhubungan dengan schemata, (Reyes danMolner, 1991). Hasil observasi (58,67%) dan post-test siklus 1 (67,24) belum memenuhi kriteriakeberhasilan yang ditetapkan: 70. Tindakan dilanjutkan pada siklus 2 dengan tetap mempertahankancara kerja tindakan pada siklus 1 dan memberikan bimbingan dan motivasi kepada mahasiswayang terlihat ragu dalam niengikuti aktifitas ETR. Hasil observasi (76%) dan post-test (72,2) padasiklus 2 menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan yang ditetapkan sudah tercapai. Olah t-testdengan Repeated Measure Design (Hatch and Lazaraton: 1991) juga menunjukkan bahwa t-observed(10,19) jauh lebih besar dari nilai t- pada table dengan df 25 pada taraf signifikan .05 (2,060) dantaraf signifikan .01 (2,787). Hasil ini sudah menjawab permasalahan bahwa metode ETR sangatefektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami text.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.