FISIKA YANG MENYENANGKAN INTERAKTIF DAN KOMUNIKATIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (ICT) DI SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA)

Muhammad ' Nasir

Abstract


Abstrak Penelitian bertujuan untuk Membangun pembelajaran fisika di SMA yang menarik dan menyenangkan serta interaktif berbasis teknologi informasi. Pembelajaran fisika yang menarik karena dibangun media yang menarik dan terkini serta ada disekitar dunia siswa berbasiskan teknolgi informasi dan komunikasi (ICT), Intetaktif karena dapat berinteraksi dengan sipembelajar dan komunikatif karena dapat menyampaikan pesan pembelajaran secara jelas kepada si pembelajar. Dirancang dan dibangun suatu media yang dapat mengintegrasikan media dan perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis Teknologi Informasi (ICT). Media ini dibangun dengan menggunakan Model EDDIE dengan memperhatikan aspek Pedagogi, aspek conten Pembelajaran Fiska Aspek Teknikal serta konsep fisika itu sendiri. Setelah selesai dirancang dan dibangun media lalu di tentukan validitas dan realibiltas dengan menggunakan konsep validitas dan uji coba. Dari Hasil ujicoba diperoleh bahwa media ini adalah valid dan reliable tingkat dengan Alpha Cronbach (α) adalah 7,2 dengan pengguna media yakni guru-guru Fika SMA dan 7,8 untuk kelas uji coba empiris. Dengan demikian media pengmbangan dan Pengemasan Pembelajaran Fisika yang diangun telah valid dan realiabel.

kata Kunci: Pembelajaran Fisika menarik, Komunikatif dan Interaktif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.