PROFIL KOMUNITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MIKRO PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS RIAU
Abstract
AbstractKajian ini bertujuan untuk memberikan gambaran aktivitas komunitas belajar pada pembelajaran mikro mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau semester genap tahun ajaran 2014/2015. Subjek kajian berjumlah 114 orang mahasiswa pendidikan biologi, terdiri dari 17 orang mahasiswa S1 PGMIPAU (Pendidikan Guru MIPA Unggulan), 80 orang mahasiswa S1 Reguler, dan 17 orang mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pada mahasiswa S1 pembelajaran mikro terintegrasi pada matakuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL1) dan mahasiswa PPG terintegrasi pada Workshop Subject Spesific Pedagogy (SSP). Pembelajaran mikro dilaksanakan dalam kelompok yang berjumlah 8-10 orang. Setiap kelompok difasilitasi oleh 2 orang dosen pembimbing pada seluruh tahapan kegiatan dan calon guru pamong pada saat open class dan refleksi. Setiap mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk berperan sebagai guru model, siswa dan observer. Aktivitas belajar dan dinamika kelompok diamati pada setiap pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan seluruh mahasiswa telah memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan perannya sebagai guru model, siswa dan observer. Perolehan nilai akhir sangat baik (17.54 %), dan Baik ( 82.46%). Komunitas belajar pada pembelajaran mikro program studi pendidikan biologi dapat memupuk kerjasama, tanggung jawab, kemandirian, dan komunikasi dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran biologi sesuai standar isi, proses dan penilaian.
Kata Kunci: Komunitas belajar, Lesson study, Pembelajaran mikro
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.