ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN KETERAMPILAN SAINS GURU PAUD SE-PROVINSI RIAU
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan keterampilan sains guru PAUD se-Provinsi Riau berdasarkan taksonomi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi dan kemampuan membuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan angket sebagai alat ukur untuk menggali kemampuan keterampilan keterampilan sains guru PAUD. Penelitian ini berlokasi di 12 (dua belas) kabupaten/kota se-Provinsi Riau dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 274 responden yang mewakili guru PAUD di setiap kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Data yang diperoleh dari angket dianalisa dengan menggunakan rumus persentase dan hasilnya adalah sebesar 79,46%. Hal ini berarti secara umum tingkat pengetahuan keterampilan sains guru PAUD se-Provinsi Riau berada pada kategori baik. Untuk taksonomi pengetahuan sebesar 90%, artinya pengetahuan guru PAUD se-Provinsi Riau berada pada kategori sangat baik. Taksonomi pemahaman sebesar 73%, artinya pengetahuan guru PAUD se-Provinsi Riau berada pada kategori baik. Aplikasi sebesar 59%, artinya pengetahuan guru PAUD se-Provinsi Riau berada pada kategori cukup. Analisis sebesar 88%, artinya pengetahuan guru PAUD se-Provinsi Riau berada pada kategori sangat baik. Evaluasi sebesar 84%, artinya pengetahuan guru PAUD se-Provinsi Riau berada pada kategori sangat baik. Kemampuan membuat sebesar 85%, artinya pengetahuan guru PAUD se-Provinsi Riau berada pada kategori sangat baik. Kata
kunci: pengetahuan keterampilan sains, taksonomi, pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi dan kemampuan membuat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.