UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODELING DI PROVINSI RIAU

Caska '

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh pengetahuan kurikulum terhadap proses pembelajaran dan dampaknya terhadap siswa; 2) pengaruh pengetahuan kurikulum terhadap proses pembelajaran dan dampaknya terhadap guru; 3) upaya dalam peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Riau yaitu: 1) Kota Pekanbaru; 2) Kabupaten Kampar; 3) Kabupaten Siak; dan 4) Kabupaten Pelalawan. Sampel dalam penelitian ini yaituguru yang telah mengikuti pelatihan dan pendampingan Kurikulum yang dipilih secara purposive. Sampel sekolah yang dipilih sebanyak 52 sekolah dengan 156 responden. Hasil penelitian: 1) pengaruh tidak langsung pengetahuan kurikulum terhadap proses pembelajaran dan dampaknya terhadap siswa sebesar 46,79%; dan 2) pengaruh tidak langsung pengetahuan kurikulum terhadap proses pembelajaran dan dampaknya terhadap guru sebesar 45,81%; 3) Penerapan Pembelajaran Modeling pada Forum MGMP.

Kata kunci: kompetensi guru, pembelajaran modeling, kurikulum.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.