Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III.B SD Negeri 188 Pekanbaru

Sihol Martua

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai IPA siswa kelas 3B di SDN 188 Pekanbaru, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu 1) Kurangnya Guru melibatkan siswa pada pembelajaran yang aktif, 2) Guru jarang melakukan metode-metode pembelajaran yang bervariasi sehingga lebih banyak menggunakan metode ceramah, 3) Lebih banyak teori dari pada praktek yang diberikan oleh guru, 4) Guru kurang memahami karakteristik pribadi masing-masing siswa. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan suatu model pembelajaran yang interaktif dan menciptakan suasana belajar yang asyik dan menyenangkan bagi siswa, yaitu model Quantum teaching. Yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3B di SDN 188 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 kali pertemuan dan 1 kali ulangan harian dalam tiap siklusnya, hal ini bertujuan untuk melihat perkembangan hasil belajar setiap siklusnya. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan model Quantum teaching yang dilaksanakan dari 16 April sampai 10 Mei 2018, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan pada rata-rata hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya, diawali dari pengambilan data awal rata-rata nilai siswa skor dasar 67,5 dalam pelaksanaan siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,59, lalu pada siklus 2 meningkat menjadi 76,28, kemudian pada siklus 3 meningkat kembali menjadi 80,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 3B SDN 188 pekanbaru


Keywords


Model Quantum teaching, Hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan : Jakarta. Bumi Aksara

Dewi saroh miati dkk. Penggunaan model pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan pembelajaran ipa siswa kelas v sdn 4 pandansari tahun ajaran 2012/2013. dewisarohmiati@yahoo.co.id

Nuryati. 2015. Penerapan model pembelajaran quantum teaching Untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas v sd negeri 24 pekanbaru. Jurnal Primary. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Volume 4 Nomor 2, Oktober 2015 | ISSN: 2303-1514.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajaran

Sri Winarti Durandt dkk. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Khususnya Materi Energi dan Perubahannya Melalui Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas V SDN Inpres Matamaling. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 3 ISSN 2354-614X. Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Syahrifuddin, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru: Cendikia Insani

Zetra Hainul Putra. 2015. Buku Kuliah Terintegrasi (BuKTi): Perencanaan Pembelajaran SD. Pekanbaru: Zesya Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.