STRATEGI ORIENTASI PASAR, INOVASI, DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA USAHA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA INDUSTRI JASA SALON KECANTIKAN DAN SPA DI KOTA PEKANBARU)

Nia Anggraini, Marnis Marnis, Samsir Samsir

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan
orientasi pembelajaran secara simultan dan parsial terhadap kinerja usaha; pengaruh
kinerja usaha terhadap keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah
industri jasa salon dan SPA di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian berjumlah 100
orang pemilik dan atau manajer usaha jasa salon dan SPA di Kota Pekanbaru dengan
teknik pengambilan sampel Purposive Random Sampling. Data penelitian dianalisis
dengan menggunakan Path Analysis dan diolah dengan SPSS for windows versi 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, inovasi, dan orientasi
pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja usaha; dan secara
individual terdapat pengaruh dari orientasi pasar, inovasi, dan orientasi pembelajaran
terhadap kinerja usaha pada industri jasa salon kecantikan dan SPA di Kota
Pekanbaru. Selain itu juga, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh dari kinerja usaha terhadap keunggulan bersaing pada industri jasa salon
kecantikan dan SPA di Kota Pekanbaru. Dimana semakin tinggi dan berkualitas kinerja
usaha secara langsung akan meningkatkan keunggulan bersaing pada industri jasa
salon kecantikan dan SPA di Kota Pekanbaru dan sebaliknya.


Kata kunci : Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Pembelajaran, Kinerja Usaha,
Keunggulan Bersaing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.