Profil Literasi Keuangan Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk menganalisis literasi keuangan mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Penelitian ini dilaksanakan di Pekanbaru dengan subjek penelitian mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang bertujuan memaparkan literasi keuangan mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Sampel penelitian ini sebanyak 178 mahasiswa yang diambil dari populasi sebanyak 630 mahasiswa dengan teknik Cochran sampling. Data dikoleksi melalui kuesioner berupa tes yang dianalisis secara deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa literasi keuangan mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau berada pada kategori literate dengan persentase jawaban benar 64,61%.
This study aims to analyze the financial literacy of Bidikmisi Scholarship recipient students. This research was conducted in Pekanbaru with the research subject of the Bidikmisi Scholarship recipient students of the University of Riau Teacher Training and Education Faculty. This research is a type of survey research that aims to explain the financial literacy of Bidikmisi Scholarship recipient students. The sample of this study was 178 students taken from a population of 630 students using the Cochran sampling technique. Data collected through questionnaires in the form of tests that are analyzed descriptively. The results of the study indicate that the financial literacy of students receiving the Bidikmisi Scholarship in the Teacher Training and Education Faculty of the University of Riau is in the literate category with the percentage of correct answers 64.61%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Huston, S.J. 2010. Measuring financial literacy. The Journal of Consumer Affairs 44(2): 296-312. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x
Irman, M. 2018. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Financial Literacy di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Pekanbaru. Journal of Economic, Bussiness and Accounting (COSTING) 1(2): 180-197. https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.205
Margaretha, F., dan R.A. Pambudhi. 2015. Tingkat Literasi Keuangan pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 17(1): 76-85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76-85
Mawo, T., P. Thomas, dan S. Sunarto. 2017. Pengaruh Literasi Keuangan, Konsep Diri dan Budaya terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMAN 1 Kota Bajawa. Journal of Economic Education 6(1): 60-65.
Nababan, D., dan I. Sadalia. 2012. Analisis Personal Financial Literacy and Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Tesis. Universitas Sumatera Utara: Fakultas Ekonomi.
Organization for Economic Cooperation and Development. 2012. Measuring Financial Literacy. Working Paper. Paris: OECD.
Organization for Economic Cooperation and Development. 2014. Results: Students and Money: Financial Literacy Skills for the 21st Century (Volume VI). PISA. OECD Publishing.
Otoritas Jasa Keuangan. 2014. Literasi, Edukasi, dan Inklusi Keuangan. Jakarta: Direktorat Literasi dan Edukasi.
Remund, D.L. 2010. Financial literacy explicated: The case for a clear definition in an increasingly complex economy. The Journal of Consumer Affairs 44(2), 276–295. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01169.x
Rita, M.R., dan B.C.P. Pesudo. 2014. Apakah Mahasiswa Sudah Melek Keuangan?. Jurnal Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan 3(1): 58-65.
Sandra, M. 2017. Pola Perilaku Konsumsi Mahasiswa Bidikmisi 2013. JOM FISIP 4(2): 1-14.
Syahza, A. 2014. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: UR Press.
Tsalitsa, A. 2016. Analisis Pengaruh literasi Keuangan dan faktor Demografi terhadap Pengambilan Kredit pada PT. Columbia Cabang Kudus. Media Ekonomi dan Manajemen 31(1): 1-13.
Widayati, I. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. ASSET: Journal Akuntansi dan Pendidikan 1(1): 89-99. https://doi.org/10.25273/jap.v1i1.527
Woodyard, A., and C. Robb. 2012. Financial Knowledge and the Gender Gap. Journal of Financial Therapy 3(1): 1-16. https://doi.org/10.4148/jft.v3i1.1453
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.13.2.7123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 romi kurniadi, Almasdi Syahza, Suarman Suarman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal ini terdaftar dan terindeks pada: