PENGETAHUAN TENTANG PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN OLEH ORANG TUA DAN GURU DI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Nurhidayati Nurhidayati, Devi Risma, Yeni Solfiah

Abstract


This research is a quantitative research with comparative approach to identify whether there is a significant difference between knowledge about sex education to 4 to 6 year-old children by parents and of which by teachers in Tampan District, Pekanbaru City, as well as to find out parents’ difficulties in sex education in the aspect of knowledge. The population of this research was parents and teachers in Tampan District, Pekanbaru City, then 95 parents and 95 kindergarten teachers were selected as the research sample using simple random sampling. The data collection technique was using a test consisting or a set or questions to measure the knowledge. The data analysis was using differential test “t” of 2 samples by the help of BM SPSS Statistics for window. The results show that there is a very significant difference between knowledge about sex education to 4-6 year-old children by parents and of which by teachers in Tampan District, Pekanbaru City. The level of knowledge about sex education by parents is 55,78% and categorized good. Meanwhile, the level of knowledge about sex education by teachers is 69,87% and categorized good. Parents and teachers have different knowledge about sex education in which parents’ knowledge is in the sufficient to low category seen from the whole indicators. Meanwhile, teachers’ knowledge is in the good category seen from the whole indicators.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan tentang pendidikan seks pada anak usia 4-6 tahun oleh orang tua dan guru di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru serta untuk menemukan kesulitan orang tua dan guru dalam pendidikan seks dari segi pengetahuan. Populasi dalam penelitian adalah orang tua dan guru di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, kemudian dipilih 95 orang tua dan 95 guru TK sebagai sampel penelitian dengan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis penelitian menggunakan uji beda “t” 2 sampel denganbantuan IBM SPSS Statistics for window. Pada penelitian ini terdapat perbedaan pengetahuan tentang pendidikan seks pada anak usia 4-6 tahun oleh orang tua dan guru di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Adapun tingkat pengetahuan pendidikan seks oleh orang tua sebesar 55,78% dengan kategori kurang baik. Sedangkan tingkat pengetahuan guru sebesar 69,87% dengan kategori baik. Orang tua dan guru memiliki pengetahuan tentang pendidikan seks yang berbeda secara keseluruhan indikator 


Keywords


Pengetahuan, Pendidikan Seks, Anak

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, Ahmad Fauzi, dkk. 2014. Dasar-dasar Pendidikan. Kencana Prenada Group. Jakarta.

Abu Huraerah. 2012. Kekerasan Terhadap Anak. Nuansa Cendikia. Bandung.

Ali Mukti. 2016. Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini Perspektif Islam. Harkat: Media Komunikasi Islam tentang Gender dan Anak. Vol 12, No 2. (Online). Journal.uinjkt.ac.id (diakses 26 Mei 2019)

Bagong Suyatno. 2010. Masalah Sosial Anak. Kencana. Jakarta.

Bertuahpos.com. 2018. P2TP2A Riau Catat 52 Laporan Kekerasan Seksual pada Anak Selama Tahun 2017, Terbanyak Pekanbaru. (Online) http://www.bertuahpos.com/politik/p2tp2a-riau-catat-52-laporan-kekerasan-seksual-pad.html (diakses 10 September 2018).

Evania Yafie. 2017. Peran Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Care : Program Studi PG PAUD UNIPMA. Vol 4, No 2. (Online). E-journal.unipma.ac.id (diakses 26 Mei 2019).

Hamzah B. Uno, Satria Koni, dkk. 2014. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hana Yasmira. 2014. Right From The Start (Benar dari Awal) Panduan Mengajarkan Seksualitas yang Utuh, Lengkap, dan Benar Kepada Anak. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Juliette Pepita Felicia & Weny Savitry. 2017. Persepsi Guru TKI Terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia Dini Berdasarkan Health-Belief Model. Vol 6 No 1. (Online). Journal.uny.ac.id (diakses 26 Mei 2019)

Nahda Kurnia & Ellen Tjandra. 2012. BUNDA, SEKS ITU APA SIH? Cara Cerdas dan Bijak Menjelaskan Seks pada Anak. Gramedia. Jakarta.

Risty Justicia. 2017. Pandangan Orang Tua Terkait Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Early Childhood. Vol. 1 No. 2. (Online). (diakses 26 Mei 2019)

Solihin. 2015. Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) UNTIRTA. Vol 1, No 2. (Online). Jurnal.untirta.ac.id (diakses 28 Oktober 2018).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Syafrudin Aziz. 2015. Pendidikan Seks Nusantara Konsep Nilai-nilai Edukasi Seks Berbasis Kearifan Lokal dalam Serat Nitimani. Kalimedia. Yogyakarta.

Taufiq Effendi. 2013. Peran. LotusBooks. Tangerang Selatan.

Trinita Anggraini, Riswandi, dkk. 2017. Pendidikan Seksual Anak Usia Dini : Aku dan Diriku. Vol. 3 No. 2. (Online). Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak. Jurnal.fkip.unila.ac.id (diakses 26 Mei 2019)

Yousef Madani. 2014. Pendidikan Seks Usia Dini Bagi Anak Muslim: Panduan Bagi Orang Tua & Guru Agar Anak Tidak Menjadi Korban. Zahra. Jakarta.

Yuliani Nurani Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.